Senter Kepala Dony

Senter Kepala DONY, adalah sebuah produk yang sedang trend dipasaran. Banyak bidang pekerjaan seperti, berburu, memancing, tambang, pertukangan, bahkan tidak jarang juga digunakan sebagai lampu emergency saat mati lampu. hal ini dikarenakan baterai DONY menggunakan Ion-Litium yang tentunya memiliki tenaga lebih dibanding baterai biasa. Menyesuaikan juga dengan bidang pekerjaan, sehingga DONY Headlamp membuat 2 Varian LED, yaitu Putih dan Kuning yang menyesuaikan kebutuhan Anda. Bicara soal kualitas, Penulis memberi nilai 9/10 untuk produk ini.

Sekilas Informasi Spesifikasi umum dari Senter Kepala DONY :

  1. Pasti menggunakan baterai Ion-Litium, 3.7 V, Kapasitas berbeda-beda setiap varian
  2. Menggunakan 1 lampu LED Putih atau Kuning
  3. Re-chargeable
  1. Bicara soal Body, tampilan reflektor dengan 1 LED cukup mainstream. Sudah banyak senter kepala dengan model seperti ini. Kulit luarnya bervariasi. Ada yang Anti-gores, ada juga yang bisa gores. Over all, tampilannya standard. 
  2. Berat, berkisar antara 300-400 gram tergantung variasi kapasitas LED dan baterainya
  3. Warna, most of all warna body adalah warna gelap. Seperti hitam, coklat, abu-abu

Memiliki 2 macam varian yaitu, Putih dan Kuning. Semua Senter Kepala DONY menggunakan 1 buah LED saja. dengan watt yang berbeda-beda setiap modelnya. untuk pencahayaannya umumnya dibagi menjadi 2 yaitu, soft-light & strong-light. Dan untuk tingkat terangnya, cukup terang karena LED yang digunakan minimal 3 Watt. Reflektornya  juga bersih sehingga membantu tingkat pemantulan cahaya

Baterainya pasti menggunakan ion-litium baterai ukuran 18650 rechargeable. Keuntungan menggunakan ion-litium baterai ini :

  • Lebih ringan. Elektroda baterai lithium-ion terbuat dari lithium yang ringan dan karbon. Lithium adalah elemen yang sangat reaktif, artinya dia banyak energy yang bisa disimpan dalam ikatan atomnya.
  • Lebih bertenaga. Satu kilogram baterai lithium-ion bisa menampung 150 Ah/kg, sementara satu kilogram baterai NiMH bisa menampung 100 Ah/kg.
  • Lebih kuat. Sebuah baterai lithium-ion hanya kehilangan 5% isinya setiap bulan, dibandingkan denagn baterai NiMH yang kehilangan 20% isinya per bulan
  • Lebih awet. Baterai lithium-ion bisa menangani ratusan kali siklus isi / kuras (charge / discharge)
  • Tidak ada efek memory, itu artinya tidak harus menunggu baterai benar-benar kosong untuk melakukan isi ulang
  • Mudah ditemukan di pasaran
  • Perawatan lebih mudah.
  • Lebih cocok baterai gadget portable.

sumber : http://pakgurufisika.blogspot.co.id/2016/01/kelebihan-dan-kekurangan-baterai.html

Dayanya berbeda-beda setiap varian LED dengan kapasitas tinggi tentu mengikuti baterai dengan daya tinggi juga. Sehingga tidak perlu kuatir untuk memikirkan daya tahan baterai. Kebanyakan menggunakan baterai tanem, hanya seri KL- 190 dan KL – 193 saja yang bisa di lepas baterainya.